Advertisements

Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 2 PB 1 Kelas IV

Topglobal1.com, Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 2 PB 1- Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 2 PB 1 buku tematik terpadu kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk Kelas 4 SD, mengenai Tema 2 yang berjudul selalu berhemat energi. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 2 PB 1 dari soal yang ada pada pada Halaman 50, 51, 52, 53, 54, 55, 56, dan 57 mengenai manfaat energi

Sebelum itu ada baiknya jika adik-adik berusaha menjawab semua pertanyaan dengan semampu adik-adik terlebih dahulu, karena Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 2 PB 1 ini sebenarnya hanya bertujuan sebagai pedoman orang tua atau wali untuk menyamakan jawaban saja

Berikut Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 2 PB 1:

Mari simak Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 2 PB 1 berikut ini.

AYO BERDISKUSI

Kita dapat menemukan energi di sekitar kita. Energi sangat berguna untuk makhluk hidup saat melakukan kegiatan. Energi listrik adalah energi yang paling banyak digunakan di rumah.

Tulislah barang-barangmu yang membutuhkan energi listrik. Seberapa sering kamu menggunakannya? Diskusikanlah dengan temanmu.

Jawaban: ada banyak barang di rumah ku yang membutuhkan energi listrik. Misalnya kulkas, kipas angin, lampu, Televisi, magic com dan HP.

Aku dan keluarga ku sering menggunakan barang-barang ini. Lampu dinyalakan ketika malam hari untuk penerangan rumah, kami menyalakan kipas angin jika cuaca sedang pana, magic com selalu dinyalakan agar nasi tetap panas, ketika membutuhkan hiburan kami menyalakan televisi untuk menonton acara. Kami juga menyalakan kulkas sepanjang hari agar makanan di dalam kulkas bisa tetap dingin dan tidak basi.

AYO BERKREASI

Kita harus memperhatikan penggunaan energi. Jangan sampai energi habis karena pemakaian yang tidak terbatas. Apa yang dapat kita lakukan agar energi tidak habis? Selalu berhemat akan membantu ketersediaan energi.  Daripada pergi ke sekolah naik kendaraan, kita dapat naik sepeda atau berjalan kaki.

Kipas angin merupakan salah satu benda di rumah yang membutuhkan energi listrik. Kali ini kamu akan belajar membuat kipas yang tidak membutuhkan listrik.

Bacalah petunjuk berikut dengan seksama dan praktikkan.

Cara membuat kipas kertas:

  1. Siapkan kertas berbentuk persegi segala ukuran (Kertas kado, majalah bekas).
  2. Ambil lem kertas.
  3. Lipat kertas pada satu bagian ujung sekitar 2 cm.
  4. Balikkan kertas dan lipat lagi ke arah yang berbeda. Lakukan hal yang sama sampai seluruh bagian kertas terlipat.
  5. Lipat lagi lipatan kertas menjadi dua bagian yang sama besar.
  6. Lem di sisi kertas yang saling berhadapan.
  7. Kipas siap dipakai.

Bandingkan kipasmu dengan kipas temanmu. Apakah ada yang berbeda?

Carilah bentuk-bentuk kipas yang berbeda. Tulislah cara membuatnya dan sampaikan kepada gurumu.

Jawaban: carilah gambar kipas yang ingin kamu buat dan buatlah kipas tersebut dengan bahan-bahan yang kamu siapkan. Kemudian tuliskan cara membuatnya di buku yang kamu miliki

AYO MENULIS

Nah, sekarang, tuliskan energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi.

Saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini. Diskusikan hasilnya dengan teman di sebelahmu.

Jawaban:

No Kegiatan Energi Yang Digunakan Perubahan Energi
1 Menjemur Ikan Energi panas matahari Energi panas menjadi energi kimia
2 Menyetrika Energi listrik Energi listrik menjadi energi panas
3 Bermain Layang-Layang Energi angin Energi angin menjadi energi kinetik
4 Membakar Ikan Energi panas Energi panas menjadi energi kimia
5 Menyalakan lampu Energi listrik Energi listrik menjadi energi cahaya
6 Menanak masi dengan magic com Energi listrik Energi listrik menjadi energi panas
7 Menyalakan kipas angin Energi listrik Energi listrik menjadi energi angin

Kamu telah mengetahui hal berkaitan dengan energi, sumber energi serta perubahannya. Sekarang, lakukan percobaan tentang perubahan energi.

Bacalah petunjuk berikut dengan saksama. Diskusikan langkah-langkahnya dengan temanmu

AYO MEMBACA

 

  1. Apa yang terjadi jika kertas spiral ditempatkan di atas api lilin?

Jawaban: yang terjadi jika kertas spiral ditempatkan diatas api lilin adalah kertas akan berputar cepat

  1. Ubah jarak kertas spiral menjauh atau mendekat ke api. Apa yang terjadi?

Jawaban:  yang terjadi saat jarak kertas spiral diubah menjauh atau mendekat ke api adalah, jika kertas menjauh dari api maka kertas menjadi melambat.

Tulislah hasil percobaanmu pada tempat yang disediakan.

  1. Ketika melakukan percobaan, kadang berhasil, kadang gagal. Bagaimana dengan percobaanmu kali ini? Apakah kamu berhasil?

Jawaban: jawablah sesuai dengan hasil percobaan yang kamu lakukan

AYO MEMBACA

Tahukah kamu, Indonesia memiliki sumber daya alam yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Sumber daya alam tersebut dijual di pasar dan bisa dinikmati oleh siapa saja.

Temulawak, kunyit, jahe, bawang putih, kencur, dan cengk h merupakan contoh sumber daya alam Indonesia yang jumlahnya berlimpah.  Banyak masyarakat memanfaatkan tanaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Wah, hebat bukan? Ternyata sumber daya alam Indonesia yang berlimpah sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Banyak pula peminat yang berasal dari luar Indonesia untuk membelinya.

Bersama temanmu, temukanlah sumber daya alam Indonesia lainnya yang banyak dijumpai di pasar. Sumber daya alam yang kalian diskusikan adalah sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat.  Bukan saja bermanfaat di dapur sebagai bumbu masak, namun juga bermanfaat untuk kebutuhan lainnya.

Sumber Daya Alam Pemanfaatan Tempat Dipasarkan
Kunyit Bumbu, Nasi Kuning, Jamu Pasar, Supermarket
Sapi Menghasilkan Susu, Menjadi Bahan Pangan, Alat Transportasi Pasar Hewan
Emas Perhiasan Toko Emas
Beras Bahan Makanan Pasar, Swalayan, Toko Kelontong

Sumber daya alam yang berlimpah dimaksudkan agar manusia bisa memanfaatkannya untuk kehidupannya. Sebagai rasa syukur, kita perlu menjaga keberadaannya dengan terus menanamnya lagi.

Itulah Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 2 PB 1 buku tematik terpadu kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk Kelas 4 SD, mengenai Tema 2 yang berjudul selalu berhemat energi.  Semoga bermanfaat J

Leave a Comment