Advertisements

Kunci Jawaban Tema 5 Subtema 3 PB 4 Kelas IV

Topglobal1.com, Kunci Jawaban Tema 5 Subtema 3 PB 4– Buku Tematik Terpadu K13 revisi Tahun 2017 kelas 4 Tema 5 Sub Tema 3 Pembelajaran 4 yang berjudul “Sikap Kepahlawanan”

Pada artikel ini kami akan membahas tentangKunci Jawaban Tema 5 Subtema 3 PB 4 tema Sikap Kepahlawanan. Pada pembelajaran 4 ini terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh Siswa.

Nah agar kamu siswa SD kelas 4 dapat terbantu, kali ini mimin akan membagikan Kunci Jawaban Tema 5 Subtema 3 PB 4 secara lengkap. Kunci Jawaban Tema 5 Subtema 3 PB 4 ini terdapat pada halaman 117 hingga halaman 122 . Yuk simak terus pembahasan mimin berikut ini.

Berikut Kunci Jawaban Tema 5 Subtema 3 PB 4:

AYO MEMBACA

Sebelum kita pelajari lebih lanjut. Tulislah hal-hal yang kamu ketahui tentang  hari pahlawan!

Jawab: Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November.Hari Pahlawan 10 November merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah negara Republik Indonesia.

Bacalah teks berikut!

Bung Tomo

Buku Tematik Terpadu K13 revisi Tahun 2017 kelas 4 Tema 5 Sub Tema 3 Pembelajaran 4 yang berjudul “Sikap Kepahlawanan”

Pada artikel ini kami akan membahas tentang Tema 5 Subitem 3 Pembelajaran 4 tentang tema Sikap Kepahlawanan. Pada pembelajaran 4 ini terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh Siswa. Nah agar kamu siswa SD kelas 4 dapat terbantu, kali ini mimin akan membagikan kunci jawaban Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 5 Subitem 3 Pembelajaran 4 secara lengkap. Pembelajaran ini terdapat pada halaman 117 hingga halaman 122 . Yuk simak terus pembahasan mimin berikut ini.

AYO MEMBACA

Sebelum kita pelajari lebih lanjut. Tulislah hal-hal yang kamu ketahui tentang  hari pahlawan!

Jawab: Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November.Hari Pahlawan 10 November merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah negara Republik Indonesia.

Bung Tomo

Sutomo, yang lebih dikenal dengan sapaan akrab Bung Tomo, adalah seorang pahlawan. Beliau terkenal karena perannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk menantang kembalinya penjajah Belanda yang membonceng tentara NICA. Perlawanan itu diakhiri dengan Pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Bung Tomo adalah tokoh populer pada peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya. Beliau merupakan pembakar semangat juang rakyat untuk bertempur sampai titik darah penghabisan. Beliau berjuang mempertahankan harga diri, tanah air, dan bangsa yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

 

Berdasarkan teks di depan tulislah informasi mengenai Hari Pahlawan.

Jawab: Hari Pahlawan jatuh pada tanggal 10 November.Bung Tomo adalah salah satu pahlawan Indonesia.Ia berperan dalam pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945.

Bandingkan informasi awal yang kamu tulis sebelumnya dengan sekarang. Apa kesimpulanmu?

Jawab: Dari kedua informasi yang saya tulis, dapat disimpulkan bahwa saya mendapat lebih banyak informasi dari teks yang sudah saya baca.

AYO BERDISKUSI

Tulislah sikap-sikap Bung Tomo!

Jawab: Berani, Semangat juang tinggi, Tidak mudah menyerah

Apakah sikap-sikap Bung Tomo mencerminkan nilai-nilai Pancasila?

Jawab: Ya, Bung Tomo mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Sikap beliau dalam memperjuangkan tanah air sesuai dengan sila ketiga Pancasila.

Apa yang bisa kamu contoh dari Bung Tomo?

Jawab: Yang bisa dicontoh dari Bung Tomo adalah sikapnya yang tidak mudah menyerah dan memiliki semangat juang yang tinggi.

 

AYO MENULIS

Ceritakan pengalamanmu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila!

Jawab: Rajin beribadah dan saling menghargai orang di sekitar. Toleransi terhadap perbedaan yang ada, misalnya dalam berpendapat. Gigih mempertahankan kemerdekaan. Itulah sikap dari Bung Tomo Sikap itu  harus kita contoh. Kamu harus gigih dalam belajar, termasuk mempelajari  garis berikut

 

AYO MENCOBA

Ambilah kertas, lalu buat gambar seperti berikut!

Berilah nama tiap bagian sama dengan gambar di atas!

Gunting sudut sesuai dengan garis. Berapa sudut yang kamu hasilkan?

Tempelkan sudut satu ke sudut lainnya, tulislah pasangan sudut yang sama besar

Jawab:

Sudut bertolak belakang: KOL dan MON, KON dan LOM, AOB dan FOP, AOF dan BOP, OPE dan CPD, DPE dan CPO.  Sudut sehadap: AOF dan APE, AOB dan, CPO, FOP dan DPE, BOP dan CPD.

Apa kesimpulanmu!

Jawab: O)
– Sudut 3 sama dengan sudut 1
– Sudut 4 sama dengan sudut 2
P)
– Sudut 3 sama dengan sudut 1
– Sudut 4 sama dengan sudut 2

Apa hubungan posisi sudut (berhadapan, bertolak belakang) dengan besar sudut?

Jawab: Sudut berhadapan dan bertolak belakang memiliki besar sudut yang sama.

Sampaikan hasilnya di depan kelas!

AYO BERLATIH

Perhatikan gambar sudut berikut. Tulislah pasangan sudut yang sama besar!

Jawab: Pasangan sudut yang sama besar:

  1. Sudut bertolak belakang: KOL dan MON, KON dan LOM, AOB dan FOP, AOF dan BOP, OPE dan CPD, DPE dan CPO.
  2. Sudut sehadap: AOF dan APE, AOB dan, CPO, FOP dan DPE, BOP dan CPD.

Itulah alternatif Kunci Jawaban Tema 5 Subtema 3 PB 4 Buku tematik terpadu kurikulum 2013 edisi revisi 2017 mengenai Peduli Terhadap Makhluk Hidup.

Terima kasih sudah singgah, semoga  Kunci Jawaban Tema 5 Subtema 3 PB 4 bermanfaat bagi para pembaca terutama orang tua dan siswa. Selamat Belajar

 

Leave a Comment